Minggu, 27 September 2015

Tempat Wisata terpopuler di Pulau Lombok

Tempat Wisata terpopuler di Pulau Lombok

http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html

Pulau Lombok merupakan pulau yang mempunyai tempat wisata yang sangat indah dan populer di indonesia karena di Pulau Lompok memiliki daya tarik tersendiri, di Pulau Lombok juga sering digunakan untuk berlibur dan juga foto Prewedding. Dan inilah salah satu Tempat Wisata terpopuler di Pulau Lombok:

 Pantai Senggigi Lombok

 
http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html

Pantai Sengigi merupakan pantai yang mempunyai garis pantai yang sangat panjang dengan pasir berwarna putih dan air laut yang sangat jernih dan bersih serta ombak yang tidak besar, disana Anda dapat melihat ikan-ikan yang sedang berenang di laut.

 

Dengan garis pantai yang panjang ini pula, pilihan aktivitas jogging menjadi salah satu kegiatan yang cukup digemari di Pantai Senggigi. Di kala sore hari, Anda dapat melepas penat dengan bersantai di tepian pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari di Senggigi. Sebuah panorama yang begitu indah kan..???

 

Lokasi tempat wisata ini di sebelah barat pulau Lombok. Jarak tempuh dengan menggunakan mobil dari bandara di kota Praya menuju pantai ini sekitar 2 jam perjalanan. Pada obyek liburan yang memiliki garis pantai sejauh 30 kilometer ini, anda dapat menikmati keindahan koral dan biota laut yang beraneka ragam dengan hanya melakukan snorkeling di pinggir pantai Senggigi. Air laut yang sangat jernih memukau wisatawan yang datang ke tempat ini. Selain pantai pasir putih, anda juga dapat berkunjung ke Batu Bolong. Lokasi yang terkenal dengan pura di atas bukit karang ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Perjalanan menuju Batu Bolong hanya setengah jam saja.



Gunung Rinjani dan Segara Anak

 

http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html

 

Rinjani memiliki nilai spiritiual bagi orang Hindu Bali dan suku sasak. Bagi orang bali, Rinjani adalah satu dari tiga gunung yang disucikan karena dianggap tempat tinggal para dewa, setelah Semeru dan Agung. Gunung Rinjani memang salah satu daya tarik wisata yang terkenal di mancanegara

Mendaki gunung Rinjani dan bermain di danau Segara Anak adalah kegiatan yang menjadi impian para pendaki gunung sejati. Salah satu kekayaan alam di Lombok ini seolah menjadi syarat pengakuan tersendiri bagi yang hobi mendaki. Kepuasaan berhasil menaklukan puncak tempat wisata ini menjadi catatan dalam hidup yang tidak terlupakan. Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3726 meter adalah yang tertinggi kedua di Indonesia setelah puncak Jaya di Papua. Jadi anda membutuhkan fisik yang prima untuk mendakinya. Jika anda telah berada di bandara, silakan cari mobil carter menuju Sembalun atau Senaru. Kedua wilayah tersebut dikenal sebagai pintu gerbang menuju Rinjani.
http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html Lokasi

 

Rinjani bagaikan dunia lain, Bagaimana tidak, sejak awal pendakian kami Anda akan disuguhi padang savana yang eksotis, hutan tropis yang mempesona, serta perbukitan yang luar biasa indah.
Angin padang yang bertiup membuat ilalang-ilalang melambai bagai jutaan rajutan yang begitu indah. Ada eksotisme yang tidak terbantahkan disana, pemandangan sangat surreal. Sensasinya mirip berjalan di dunia khayal film science fiction. Dari puncak 3726 meter di atas permukaan laut, Anda dapat melihat semua sisi pulau lombok, bahkan pulau bali dan sumba.

http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html Lokasi

Danau segara anak berada di ketinggian 1700 mdpl. Jalurnya cukup berbahaya, karena banyak sekali bebatuan dan pasir. Bukit-bukit yang Anda lewati seperti zaman purbakala yang di hadapan Anda . Danau segara anak memberikan kejutan yang luar biasa, hot spring! Anda dapat berendam di air panas setelah perjalanan yang melelahkan ditemani sama monyet-monyet liar yang ingin mencuri makanan. Rinjani memang penuh dengan kejuta.



Taman Narmada



http://tempatwisatainda.blogspot.com/2015/09/tempat-wisata-terpopuler-di-pulau.html



Salah satu hal menarik di Pulau Lombok adalah wisata ke Taman Narmada. Taman Narmada Lombok merupakan sebuah taman yang cukup terkenal di pulau Lombok yang memiliki berbagai keindahan taman dan kolam yang di milikinya. Sehingga pengunjung yang berada di sini akan merasakan ketenangan dan kesejukan yang tidak ada bandingannya dengan tempat lain. Hal inilah yang membuat rekreasi ke taman Narmada merupakan pilihan yang tepat. Sehingga ketika anda sedang berada di pulau Lombok dan tidak menyempatkan waktu untuk ke taman ini, maka anda akan merasa ada yang kurang dan tidak lengkap dalam mengunjungi tempat wisata alam yang ada di pulau Lombok.

Taman Narmada adalah taman air yang merupakan replika Gunung Rinjani dan danau Segara Anak. Taman ini termasuk salah satu tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat Lombok, Taman yang dibangun oleh Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 bertujuan agar dapat berziarah dan beribadah tanpa harus berjalan ke Puncak Gunung Rinjani. (lombokbaratkab.go.id)
Singgah di Narmada serasa menapak kembali ke masa lalu, di mana jejak-jejak sejarah bertebaran di setiap sudut dan lekuk, menguarkan aura silam yang tak pernah luruh tergilas waktu.

Taman Narmada berada di sebelah timur Kota Mataram, tepatnya di Desa Narmada, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Letaknya tepat di seberang Pasar Narmada.


Jarak Kota Mataram menuju Taman Narmada kurang lebih 11 km menuju arah timur. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, maka perjalanan akan melewati rute: Mataram, Cakranegara, Sweta, Bertais dan akhirnya tiba di Narmada.

Taman ini luasnya kurang lebih dua hektare dan memiliki bagian, antara lain: Pura Narmada, Bale Terang, Bale Loji, Telaga Kembar, Telaga Padmawangi, Bale Bancingah, Bale Pamerajan dan beberapa bagian lainnya.

Objek wisata ini sekarang berada di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan NTB dan telah ditetapkan sebagai benda cagar budaya. Antara kurun waktu 1980-1988, taman ini sudah mengalami beberapa kali renovasi.


Yang sering dikunjungi wisatawan yaitu:
  • Bale Petirtan
Tersohornya objek wisata Narmada, salah satunya karena keberadaan Bale Petirtan, di mana di dalamnya terdapat sebuah mata air yang merupakan pertemuan tiga sumber mata air: Suranadi, Lingsar dan Narmada sendiri.

Bagi umat Hindu, air ini disakralkan sebagai tirta atau air suci. Pengunjung Narmada mempercayai air suci tersebut sebagai air awet muda.

Bagi pengunjung yang ingin bersembahyang (umat Hindu) di Bale Petirtan, akan dikenakan pembayaran Rp50 ribu sebagai ganti uang banten, yang akan disiapkan penjaga. Selanjutnya, dengan berselendang di pinggang, pengunjung akan dipersilahkan memasuki bale untuk menghaturkan bakti.

Pada Bale Petirtan ini, air suci mengalir bening, yang bisa digunakan untuk membasuh muka atau bisa diminum langsung pengunjung usai bersembahyang. Apabila pengunjung tidak memiliki banyak waktu dan tidak sempat bersembahyang, bisa membeli air tersebut dengan harga Rp10 ribu per jerigen kecil.

Mangku Komang Puji, pemangku di Pura Narmada dan sehari-hari bertugas di Bale Petirtan, menyebutkan air suci itu sudah lama tersohor di kalangan wisatawan.

"Setiap ada wisatawan berkunjung, hampir selalu mencari air suci untuk oleh-oleh bagi kerabatnya. Malah, beberapa kali saya bertemu artis Jakarta yang sengaja membawa air suci untuk dibawa pulang," kata Mangku Komang Puji.

Pantangan yang berlaku di Bale Petirtan, kata Mangku Komang Puji, adalah menggunakan air suci untuk mencuci kaki. Selain itu, perempuan yang sedang berhalangan dilarang memasuki bale itu.

"Setiap pengunjung yang masuk Bale Petirtan, tujuan utamanya adalah membasuh wajah dan minum air suci. Bukan hanya pengunjung lokal, turis asing juga banyak yang tertarik dengan air suci ini," ujarnya.

  • Bale Terang
Taman Narmada dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 M. Dahulu kala, setiap tiba musim kemarau, sang raja memboyong keluarganya untuk menikmati pemandangan alam Narmada yang terlihat menawan dari Bale Terang.

Bale Terang berbentuk rumah panggung yang terdiri atas ruang bawah yang berfungsi sebagai gudang. Bagian atasnya terbagi atas tiga bagian, yakni dua bagian pada ujungnya (utara dan selatan) sebagai tempat tidur raja. Sementara, ruang tengahnya merupakan area terbuka sebagai tempat raja melihat pemandangan ke arah timur menuju arah meru.

Bukan hanya meru, dari Bale Terang pengunjung pun dapat dinikmati kolam berair bening dan di kejauhan terlihat pepohonan berbunga merah tua, yang menghembuskan aroma segar khas bunga-bunga hutan.

Keindahan panorama Taman Narmada, menjadikan objek wisata digunakan sebagai tempat upacara Pakelem yang biasa diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka ini menjadi salah satu favorit tempat berlibur bagi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain Bale Terang, juga terdapat Bale Pawedayan yang berfungsi sebagai tempat membaca kitab Wedha dan Bale Loji, yakni bangunan rumah yang memiliki serambi terbuka, berfungsi sebagai tempat peristirahan raja dan permaisuri.

Sementara, bangunan suci Pura Narmada juga tidak kurang mendapat perhatian dari pengunjung. Pura ini merupakan salah satu dari delapan pura tertua di Pulau Lombok. Tempat suci ini disebut-sebut sebagai miniatur Gunung Rinjani, yang dikitari tanaman menghijau yang mengesankan hutan belantara dan hamparan danau membentang.

Dan masih banyak lagi tempat yang ada disana yang dapat Anda nikmati sepuasnya.

Tidak ada komentar: